Senin, 13 September 2010

membentuk otot dada

Push up adalah latihan paling populer serta mudah. Olah raga ini bisa dilakoni tanpa alat bantu dan menggunakan beban sendiri. Tiga otot yang paling merasakan dampak dari latinan ini adalah dada, bahu dan lengan. Push up juga sangat bermanfaat untuk kekuatan upper body atau tubuh bagian atas.

Menurut binaragawan Ade Rai ada dua jenis posisi dalam push up. Yakni, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki naik ke bangku. Latihan ini untuk membentuk otot dada bagian bawah. lalu, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki di bawah. Tujuannya untuk otot dada bagian atas.

Selain berolah raga, makanan juga penting untuk membuat tubuh bugar dan sehat. Menurut Ade, tambahan suplemen buat membentuk badan ternyata bukanlah suatu keharusan. Pasalnya, kata Ade, suplemen hanya tambahan makanan. Utamanya, imbuh Ade, adalah makanan sehari-hari harus tepat waktu dan memiliki nutrisi yang lengkap.

Lebih jauh lagi, Ade Rai juga menggelontorkan tips membentuk otot punggung. “Ada dua macam gerakan yaitu menarik dan mendayung,” ujar Ade. Untuk gerakan mendayung, Anda dapat menggunakan dumbel atau barbel. Sedangkan buat gerakan menarik, Anda bisa melakukan pull up ataupun chin up.

Sebagai panduan awal dalam membentuk otot dada bisa dilakukan dengan cara lakukan 2-3 set, masing-masing set 10-15 kali repetisi. Lakukan secara berulang-ulang hingga Anda merasa 10-15 kali repetisi terasa ringan, setelah itu barulah tingkatkan secara bertahap.

Untuk melatih otot dada tanpa alat, bisa dengan melakukan gerakan push up ya. Untuk variasi, tangan bisa diletakan lebih tinggi dari kaki untuk memfokuskan gerakan pada dada bawah (incline push up), atau kaki yang diletakan lebih tinggi dari lengan untuk memfokuskan gerakan pada dada atas (decline push up)

push up

incline push up

untuk melatih otot lengan belakang (tricep) tanpa alat bisa melakukan dengan gerakan close grip push up (push up dengan tangan rapat), dan gerakan bench dip seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Photobucketclose grip push up

bench dip

sumber:calmkid.wordpress.com

pivot point

kurs mata uang dunia

currency converter

visitor 3

free counters